29.3.13

[tourismindonesia] (pake gambar) PLESIRAN TEMPO DOELOE: NEDERLAND 24-25-26-27-28-29-30-31 Mei - 1-2 Juni 2013 [1 Attachment]

[Attachment(s) from Ade Purnama included below]

Yuk, masih ada 10 Bangku Kosong untuk ikutan program:
10 tahun PLESIRAN TEMPO DOELOE (sedjak tahon 2003)
yg mengunjungi 30 situs bersejarah dan 3 situs populer)
(selama 8 hari 7 malam, total 10 hari program PTD-nya)
(karena 2 hari itu = perjalanan Jakarta-Amsterdam p.p)
untuk penjelasan lebih detailnya lagi, silahkan hubungi
email: adep@cbn.net.id (adep at cbn dot net dot id)
(ada 1 gambar terlampir di email ini, jika tidak keluar
di inbox Anda, silahkan hubungi email yg di atas itu).

Membezoek museum-museum yang ada hubungannya
dengan 4 periode sejarah bersama Indonesia-Belanda.
Koleksi museum yang berkaitan dengan itu, semua ada
di seantero negeri Belanda, yg kitaorang akan kunjungi:
 
1. Westfriesmuseum (VOC)
2. Scheepvaartmuseum (VOC)
3. Volkenkundemuseum (Hindia Belanda)
4. Spoorwegmuseum (Hindia Belanda)
5. Tropenmuseum (Hindia Belanda)
6. Multatuli Museum (Hindia Belanda)
7. Legermuseum (Pendudukan Jepang)
8. Bronbeek Museum (Perang Kemerdekaan)
9. Rijksmuseum ("museum nasional" Belanda)
10. Openluchtmuseum (museum ttg Belanda)

Situs bersejarah yg juga akan dikunjungi:
11. Makam Ir.F.J.L.Ghijsels (arsitek yang membangun Stasiun Jakartakota, dll)
12. Makam Snouck Hurgronje (peneliti yang mendalami kehidupan Rakjat Atjeh)
13. Makam J.B.van Heustz (Gubernur Jenderal yang menaklukkan Atjeh di 1904)
14. Makam Prins van Oranje (dan makamnya anggota keluarga Kerajaan Belanda)
15. Jembatan A Bridge Too Far (Operasi Market Garden yang gagal di tahun 1944)
16. Menara Tangis Schreierstoren (menara tempat untuk sanak keluarga menangis)
17. Headquarters VOC (Markas Besar VOC yang kini menjadi Universitas Amsterdam)
18. Indisch Monument (1942 -1945) (taman untuk mengenang negeri Hindia Belanda)
19. Ridderzaal (Konferensi Meja Bundar 1949) (Perundingan perkara negara Indonesia)
20. Paleis de Dam (Penyerahan Kedaulatan RIS/Repoeblik Indonesia Serikat 27/12/49)
21. Patung J.P.Coen (yg kontroversial, berdiri tegak di pusat kota Hoorn, sejak 1893)
22. Patung Boentekoe (kisah anak-anak yg berlayar ke Timur Jauh pada jaman VOC)
23. Museum Nusantara (walau sudah tutup tapi kita bisa berfoto di depannya, hiks)
24. Rumah Snouck Hurgronje (tempat tinggalnya di Leiden, sepulangnya dari Atjeh)
25. Gudang Hindia Belanda di Rotterdam (tempat menyimpan hasil bumi Nusantara)
26. Gedung NHM Amsterdam (ada patung Gubernur Jenderal yg dianggap berhasil)
27. Kinderdijk (Kincir Angin) (negeri Belanda terkenal akan situs melegendanya ini)
28. J.P.Coenstraat, Javastraat dll (nama-nama jalan yang berasal dari Indonesia)
29. Kanaal Amsterdam berusia 400 tahun (kanal yg disainnya ditiru oleh Batavia)
30. Monument Battle of Arnhem (mengenang pertempuran dashyat, yang tragis)

Situs Asoooooy yg tentu akan dikunjungi:
31. Pasar Malam Tong-Tong, festival budaya-kuliner Hindia (sedjak tahon 1959)
32. Madurodam (miniatur ketjil ttg kehidupan orang Belanda, mungil2 dan lutju2)
33. De Wallen/Red Light District (ah, sodara-sodara sudah tau tempat apa ini :)

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
M: 0818 94 96 82
0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
YM id: bang_adep
Email/FB: adep@cbn.net.id
Twitter: @sahabatmuseum
www.sahabatmuseum.org
 


PLESIRAN TEMPO DOELOE: Belanda/Holland
Kumpul di Bandara Soekarno-Hatta terminal 2F
Jumat, 24 Mei 2013 jam 17.00 WIB petang
US$ 2525 (sudah termasuk tiket pesawat:
Garuda Indonesia, pergi-pulang, Jakarta -
Amsterdam - Jakarta (tgl 24 Mei & 1 Juni)


(cuma butuh 6 hari cuti, karena akan kena 2x
weekends: Sabtu-Minggu tgl 24-25 Mei 2013,
dan 1 lagi, di Sabtu-Minggu tgl 1-2 Juni 2013).
(cuti: Jumat-Senen-Selasa-Rabu-Kamis-Jumat)
(atau, di hari: Jumat 24 Mei 2013 pulang cepet,
jadinya butuh 5 hari cuti aja utk PTD Belanda :)

(sampe hari ini yg menyatakan tertarik udah ada
30, dari kuota 40 batas peserta PTD ke Belanda)

US$ 2525/orang itu (yg including: tiket pesawat
p.p), sudah termasuk semua-mua-nya lho, yang
diantaranya (mohon diperhatiken baek-baek yah):

Penjemputan dan Pengantaran di Bandara Schipol
(kalau berangkat bareng kami panitia dari Jakarta),
Bus Pariwisata AC selama di Belanda, Makan, juga
Minum selama Plesiran (Makan Pagi, Makan Siang,
Makan Malam; Indonesian & Asian Food, no pork,
dan sekali: Suriname Food), Hotelnya di Belanda: 
Hotel Ibis City Center di Den Haag (berbintang 3), 
Sekamar berdua (maap, kamarnya terbatas oom),
Makan Pagi berupa: Buffet Breakfast tiap harinya,
Kaos PTD, Tiket masuk ke semua museum selama
PTD (yang diberikan dalam bentuk: Museum Card).

Selama 7 hari itu, kota yg kita samperin rata-rata
2 kota per hari, ada yang 1 kota per hari (Arnhem),
dan ada 4 kota letaknya deket-deket, di hari kedua
di Belanda (Volendam, Edam, Hoorn, Enkhuyzen) dan
ada yang 1 hari di Amsterdam FULL, pada hari Jumat.
(Silahkan liet Jadwal Acara di paling bawah biar jelas).

Destinasi yg kita kunjungi, waktunya bukan yg grasak-
grusuk abis ini kemana abis itu gimana, tetapi naik bus 
ke kota berikutnya dgn rileks. Destinasi & jalur plesiran
yg kami susun dibikin santai, namun padet & educated.
(mulai jam 8 pagi, kembali ke hotel jam 18 petang hari).

Jalur itu sudah disurvey 2 kali pada tahun 2009 & 2012
dengan menggunakan mobil, sepur dan sepeda, ooops.
Suhu pada akhir Mei dan awal Juni adalah sekitar 15â—¦c
sampe 20â—¦c, paginya agak dingin, siangan mulai anget
(buat orang Indonesia bawa 1 jaket aja sebenernya jg
udah cukup, udah gak begitu dingin pada akhir Mei itu)
yang pasti matahari bersinar terang, sampai jam 22.30
malem, karena bulan itu adalah Musim Semi (Spring).

Museum yang dibezoek: Museum Scheepvaart, Museum
Westfries, Museum Volkekunde, Museum Leger, Museum
Bronbeek, Museum Openlucht, Museum Spoorweg/Kereta
Api, Museum Multatuli, Museum Tropen, dan Rijksmuseum.

Wisata Kanaal Tour berusia 400 tahun: keliling Amsterdam,
Berfoto di I amsterdam (depan Rijksmuseum Amsterdam),
Markas Besar/Headquarters VOC (skr Univ.van Amsterdam),
Menara Tangis/Schreierstoren (menangisi pelaut VOC yang
mau berangkat berlayar ke Oost Indië -yg sekarang dikenal
sebagai kepulauan Indonesia), hari ini dipake utk Cafe VOC.

Berkunjung ke Volendam (dan pastinya berfoto dgn pakaian
tradisional Belanda, yg ini bayar sendiri-sendiri yah fotonya),
Keliling Kota Edam, yang mana di Kepulauan Seribu terdapat
Pulau Edam, yg juga dikenal sebagai Pulau Damar Besar dan
ada mercusuarnya di pulau ini, bisa diliet dari atas pesawat).

Indisch Huis/Gudang VOC, Jembatan "A Bridge Too Far" atau
Jembatan John Frostbrug: The Battle of Arnhem, Sept 1944,
Paleis de Dam/tempat diakuinya Kedaulatan Indonesia, pada
tgl 27 Desember 1949, Gedung Stadsarchief/Gedung NHM di
Amsterdam, dimana terdapat 3 patung pahlawan Belanda di
atas gedungnya: J.P.Coen, H.W.Daendels & J.B.van Heustz. 

Makam Ir.F.J.L.Ghijsels -yg membangun Stasiun Jakartakota-
dan berbagai bangunan bagus di Jakarta dan di Jawa, Makam
Snouck Hurgronje (yg menyamar sebagai Muslim di Atjeh dgn
penelitiannya ttg Rakjat Atjeh, lalu diberikan kepada Jenderal
Belanda J.B.van Heustz di Koetaradja atau Banda Aceh, yang
dengan mudahnya van Heutsz menghancurkan Atjeh), Makam
J.B.van Heustz yg membuat Atjeh "menyerah", di tahun 1904,
Makam Prins van Oranje (Pangeran Oranye), Koning Willem I = 
Raja Willem I, kakek buyutnya sang Ratu Belanda sekarang ini).

Indisch Monument, tempat untuk mengenang runtuhnya negeri
Belanda di Tropis (Hindia Belanda), Madurodam (miniatur mungil
kehidupan rakyat berbagai kota di Belanda) yg ada di Den Haag. 
Berfoto di depan Patung J.P.Coen yang legendaris di kota Hoorn.

Akan disediakan waktu untuk belanja oleh-oleh selama 6 jam pada:
hari KAMIS, 30 Mei 2013, di Amsterdam, dari jam 4 sore sampe jam
10 malem dan pulangnya tetep naek Bus Pariwisata AC kita, supaya
kalo nantinya pada bawa banyak belanjaan maka kagak perlu repot-
repot lagi mikir pulangnya bagaimana (apakah naek taksi, bus umum,
atau kereta api) dan juga jangan khawatir dengan bagasinya karena
Garuda Indonesia sediakan batas berat bagasi sampe 30 KG per org.

Waktu Free itu, kalo mau ditemenin keliling Amsterdam, boleh-boleh
aje, mo ke Hard Rock Cafe, Anne Frank Huis, atau Red Light District
(aman kok, lokasi wisata, asal jangan motret aja), tempat beli oleh-
oleh murah/mahal, tempat makan yg asoy, kemana aja deh, bebas!

(Makan Malam pada hari Kamis Malam itu bayar sendiri-sendiri yakh,
sebab peserta akan terpencar sesuai seleranya masing-masing, dan
baru terkumpul lagi ketika mo pulang ke Den Haag jam 10 malem itu)

Jika ada yang kepengen gabung langsung di Belanda-nya, boleh aja,
tinggal kurangin = US$ 1040 untuk tiket pesawatnya (harga promo
rombongan), jadi tinggal setor on-kost PTDnja = US$ 1485 aja yah.
Harga ini juga berlaku kepada yg kepengen ikut, dan naek pesawat
lain ke Belanda-nya, ntar kita langsung ketemuan di Schipol Airport.

Visa Belanda/Visa Schengen, Asuransi Perjalanan, Airport Tax yang
di Bandara Soekarno-Hatta, belum termasuk di biaya US$ 2525 itu.
Visa sekarang ini di sekitaran Rp.750.000, Asuransi Perjalanan US$
45, dan Airport Tax di CGK tetep Rp.150.000, yg di Airport Schipol
gak perlu bayar lagi. Mengenai pengurusan Visa Belanda/Schengen
nanti kita urusin bareng-bareng dengan tentukan tanggalnya yakh.

Kaloe-kaloe Toean en Njonja kasengsem pengen ikoetin ini plesiran,
silakan daftarken namanja, poela nama kawan, familie, sobat-ande
ke soerat-listrik ini: adep@cbn.net.id (adep at cbn dot net dot id),
lantas kamoedian aken dapetin nummer oeroet oentoek stoor doeit.

Transfernya nanti ke nomer rekening US Dollar yah, bukan ke 
nomer rekening yang biasanya selama ini kalo mau transfer ikutan
program PTD di dalam negeri (Indonesia). Transfer DP yg pertama
sejumlah US$ 525 (lima ratus dua puluh lima US Dollar) bisa dilaku-
kakan mulai hari ini ke nomer rekening dollar Bank MANDIRI, dgn no:
101-00-0677150-3 a.n ADE HARDIKA PURNAMA cab Pdk Indah. 

(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price ia itoelah: US$ 2525 (dua
ribu lima ratus dua puluh lima Dollar Amerika Serikat atau USD)

Penerbangan ke Nederland/Belanda dengan Garuda Indonesia:      
(24 Mei 2013) CGK - AMS (via AUH) etd: 19.35 CGK, eta: 07.20 AMS
(1 Juni 2013)  AMS - CGK (via AUH) etd: 10.20 AMS, eta: 08.30 CGK 
Keterangan: (CGK = Jakarta) (AMS = Amsterdam) (AUH = Abu Dhabi)



Susunan Acara PTD: Nederland 24 Mei 2013 - 2 Juni 2013
(jadwal dapat berubah/diputer, sesuai situasi & kondisi alam di
lapangan nantinya yah, tetapi pastinya semua dikunjungin kok) 
(durasi di setiap kota patokan waktunya seperti yang di bawah,
namun bisa jadi lebih cepat atau lebih lama dikit, karena durasi
perjalanan dari kota satu ke lainnya tergantung traffic di jalan,
bisa jadi nyampenya lebih cepet atau lebih lama dikit, ataupun
dirasa udah cukup aja untuk mengeksplore kota-kota tersebut)

Garuda Indonesia, Jumat 24 Mei 2013
CGK - AMS (via AUH) etd: 19.35 CGK, eta: 07.20 AMS

1. Sabtu, 25 Mei 2013: HAARLEM - AMSTERDAM
07.30 - 09.00: Imigrasi dan Beres-beres bagasi
09.00 - 09.30: Berangkat ke Haarlem (Overveen)
09.30 - 10.00: Kuburan Ir.F.J.L.Ghijsels (St.Beos)
10.00 - 11.00: Berangkat ke Amsterdam
11.00 - 12.00: Makan Siang di I amsterdam
12.00 - 12.30: Berangkat ke Markas Besar VOC
12.30 - 13.00: Keliling Markas Besar VOC
13.00 - 13.30: Berangkat ke Menara Tangis
13.30 - 14.00: Keliling Menara Tangis
14.00 - 14.30: Berangkat ke Museum Scheepvaart
14.30 - 15.30: Keliling Museum Scheepvart
15.30 - 16.00: Berangkat ke Halte Kanaal Tour
16.00 - 17.00: Keliling Kanaal Tour 400 tahun
17.00 - 18.00: Berangkat ke Den Haag
18.00 - 06.00: Check in, Makan Malam, Istirahat

2. Minggu, 26 Mei 2013: VOLENDAM - EDAM - HOORN - ENKHUYZEN

06.00 - 08.00: Sarapan di Hotel Ibis
08.00 - 09.30: Berangkat ke Volendam
09.30 - 10.30: Berfoto Pakaian Tradisional
10.30 - 11.00: Berangkat ke Edam
11.00 - 11.30: Keliling Edam
11.30 - 12.00: Berangkat ke Hoorn
12.00 - 13.00: Makan Siang di Hoorn
13.00 - 14.00: Masuk ke Museum Westfries
14.00 - 14.30: Kelililing Hoorn
14.30 - 15.00: Berangkat ke Enkhuyzen
15.00 - 15.30: Keliling Enkhuyzen
15.30 - 16.30: Berangkat ke Amsterdam
16.30 - 17.00: Anterin ke tempat Pintong
17.00 - 18.00: Yang pulang, langsung ke Den Haag
18.00 - 06.00: Masuk Hotel, Makan Malam, Istirahat
(Pintong Den Haag atau ke Amsterdam atau kota lain?)

3. Senin, 27 Mei 2013: DEN HAAG - ROTTERDAM
06.00 - 08.00: Sarapan di Hotel Ibis
08.00 - 08.30: Berangkat ke Indisch Monument
08.30 - 09.00: Keliling Indisch Monument
09.00 - 09.30: Berangkat ke Madurodam
09.30 - 10.30: Keliling Madurodam
10.30 - 11.00: Berangkat ke Ridderzaal
11.00 - 12.00: Keliling Ridderzaal
12.00 - 13.00: Makan Siang di Den Haag
13.00 - 14.00: Berangkat ke Kinderdijk
14.00 - 14.30: Berfoto di Kincir Angin
14.30 - 15.00: Berangkat ke Rotterdam
15.00 - 17.00: Keliling Rotterdam
17.00 - 18.00: Berangkat ke Den Haag
18.00 - 06.00: Masuk Hotel, Makan Malam, Istirahat
(Pintong Den Haag atau ke Amsterdam atau kota lain?)

4. Selasa, 28 Mei 2013: DELFT - LEIDEN
06.00 - 08.00: Sarapan di Hotel Ibis
08.00 - 08.30: Berangkat ke Delft
08.30 - 09.30: Keliling Nieuwekerk
09.30 - 11.00: Keliling Museum Leger
11.00 - 11.30: Keliling Indisch Huis
11.30 - 12.00: Berangkat ke Leiden
12.00 - 13.00: Makan Siang di Leiden
13.00 - 14.00: Keliling Museum Volkekunde
14.00 - 14.30: Berangkat ke Rumah Snouck Hurgronje
14.30 - 15.00: Keliling Rumah Snouck Hurgronje
15.00 - 15.30: Berangkat ke Makam Snouck Hurgronje
15.30 - 16.00: Keliling Makam Snouck Hurgronje
16.00 - 17.00: Berangkat ke Den Haag
17.00 - 18.00: (waktu kosong, mau ngapain kita?)
18.00 - 06.00: Masuk Hotel, Makan Malam, Istirahat
(Pintong Den Haag atau ke Amsterdam atau kota lain?)

5. Rabu, 29 Mei 2013: ARNHEM
06.00 - 08.00: Sarapan di Hotel Ibis
08.00 - 09.30: Berangkat ke Arnhem
09.30 - 10.30: Keliling Battle of Arnhem
10.30 - 11.00: Berangkat ke Museum Bronbeek
11.00 - 12.00: Keliling Museum Bronbeek
12.00 - 13.00: Makan Siang di Arnhem
13.00 - 13.30: Berangkat ke Openluchtmuseum
13.30 - 15.30: Keliling Openluchtmuseum
15.30 - 17.00: Berangkat ke Den Haag
17.00 - 18.00: (waktu kosong, mau ngapain kita?)
18.00 - 06.00: Masuk Hotel, Makan Malam, Istirahat
(Pintong Den Haag atau ke Amsterdam atau kota lain?)

6. Kamis, 30 Mei 2013: UTRECHT - AMSTERDAM
06.00 - 08.00: Sarapan di Hotel Ibis
08.00 - 09.00: Berangkat ke Utrecht
09.00 - 10.30: Keliling Museum Spoorweg
10.30 - 11.00: Berangkat ke Lombokbuurt
11.00 - 12.00: Foto-foto di Lombokbuurt
12.00 - 13.00: Makan Siang di Utrecht
13.00 - 14.00: Berangkat ke Amsterdam
14.00 - 15.00: Paleis de Dam, Dam Square
15.00 - 15.30: Gedung Stadsarchief (NHM)
15.30 - 16.00: Keliling Gedung Stadsarchief
16.00 - 22.00: Pintong sampe jam 10 malem
22.00 - 23.00: Berangkat ke Den Haag
23.00 - 06.00: Masuk Hotel, Makan Malam, Istirahat
 

7. Jumat, 31 Mei 2013: AMSTERDAM
06.00 - 08.00: Sarapan di Hotel Ibis
08.00 - 09.00: Berangkat ke Amsterdam
09.00 - 09.30: Keliling Makam van Heustz
09.30 - 10.00: Berangkat ke Tropen Museum
10.00 - 11.30: Keliling Tropen Museum
11.30 - 12.00: Berangkat ke Amsterdam
12.00 - 13.00: Makan Siang di Amsterdam
13.00 - 13.30: Berangkat ke Multatuli Museum
13.30 - 14.00: Keliling Multatuli Museum
14.00 - 14.30: Berangkat ke
Rijksmuseum
14.30 - 16.00: Keliling Rijksmuseum
16.00 - 17.00: (acara bebas, mau stay di sini, atau
buat yang mau di-drop di sini/Pintong, ditinggal yah)
17.00 - 18.00: Yang Pulang, Berangkat ke Den Haag
18.00 - 06.00: Masuk Hotel, Makan Malam, Istirahat
(Beres-beres koper, lalu Pintong Penghabisan kita? :)

8. Sabtu, 1 Juni 2013: menuju Bandara SCHIPOL  
check out dari Hotel Ibis Den Haag jam 7 pagi

Garuda Indonesia, Sabtu 1 Juni 2013 
AMS - CGK (via AUH) etd: 10.20 AMS, eta: 08.30 CGK 



PLESIRAN TEMPO DOELOE: NEDERLAND !!!!!
(24-25-26-27-28-29-30-31 Mei, 1-2 Juni 2013)
*PTD pertama doeloe adalah tgl 25 Mei 2003 !!!

hari x berangkat ke BELANDA (Jakarta-Amsterdam)
hari 1 menginap di Hotel Ibis City Center Den Haag
hari 2 menginap di Hotel Ibis City Center Den Haag
hari 3 menginap di Hotel Ibis City Center Den Haag
hari 4 menginap di Hotel Ibis City Center Den Haag
hari 5 menginap di Hotel Ibis City Center Den Haag
hari 6 menginap di Hotel Ibis City Center Den Haag
hari 7 menginap di Hotel Ibis City Center Den Haag
hari 8 kembali ke INDONESIA (Amsterdam-Jakarta)
hari x tiba Jakarta (achirnja, klaar soeda PTD ini :)

*Poster pada e-flyer terinspirasi dari reklame lawas
bikinan Vereeniging Touristen Verkeer Batavia (atau:
"Perhimpoenan Pariwisata Batavia" yang didirikan oleh
Gubernur Jenderal van Heustz pada 1908, tetapi mesti
ditutup pada tahun 1942, ketika Tentara Jepang masuk
dan merebut itu negeri Zamrud Khatulistiwa = Indonesia,
pada masa itu masih disebut Hindia Belanda/Netherlands
East Indies/Nederlandsch Oost Indië -berdiri 1816-1942).

Kalo doeloe mengajak pelantjong dari Belanda,
Eropa, poen
Amerika, untuk DATENG ke Hindia Belanda, nah sekarang ini
pingin mengajak pelantjong dari Indonesia dan dari berbagai
n
egara di belahan dunia, untuk IKOETIN program djempolan:
PLESIRAN TEMPO DOELOE ke NEDERLAND selama 10 hari.


Attachment(s) from Ade Purnama

1 of 1 Photo(s)


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: