26.7.13

[tourismindonesia] buku "The Beauty of Indonesian Railways" tjoema Rp.350.000,- [3 Attachments]

[Attachment(s) from Ade Purnama included below]

AT THE RAILWAY STATION

"Sini coolie angkat barang"

("Here coolie take my luggage")

"Doewa orang sadja"
("Two men only")

"Kowe mandoer Hotel des Indes?"
("Are you the mandoer from Hotel
Des Indes?")

"Ini soerat bagasie, kwe djaga,
bajar coolie dan bawa di Hotel"

("Here is the receipt of my luggage,
you take care of it, pay the coolies
for me and bring it to the Hotel")

"Sini stali (f 0.25) boewat bajar coolie"
("Here is f 0.25 to pay the coolies")

Omongan itoe terseboet dari pelantjong jang baroe tiba di Batavia.
Iaorang dapetin bahasa Melajoe-passar itoe dari boekoe pandoean
pesiar ataoe sematjem travelguide jang bertadjoek "Come to Java"
jang terbit pada tahon 1926. Pada halaman belakang, ada "bonus"
Bahasa Melajoe pertjakapan jang pendek sematjem "kamoes ketjil".

Satoe boekoe perihal tourism di Java, soeda dibikin bagoes betoel
oleh proesahaan kereta api negara (SS, Staatsspoorwegen) ataoe
State Railways, goena briken berbagi matjem informatie compleet
en ja goed (yahud) kepada para tourist dari loear negerij (oetama-
nja dari Nederland, negara-negara di Europa en Vereenigde Staten/
Amerika Serikat), soepaija moedah berpakansi (vakantie) koelilingin
negerij Gordel van Smaragd (Zamrud Khatulistiwa) dengen tjoebain
mangpa'atken transportatie modern jang kerap orang Djawa sendiri
menjeboet itoe kereta api (trein) dengen bahasa mereka: Sepur !!!

"Kita boekan bangsa coolie", soeatoe hari Bung Karno oetjapken itoe
kalimat kepada rakjatnja. Soekarno moeda pada tahon 1920an amet
akrab dengen sepur (spoor), kerna Ia kerap lakoeken pedjalanan dari
satoe kota ke kota laen goenaken spoor. Poen djoega awal deripada
kariernja Bung Karno pernah bekerdja sebagi saorang pegawai Kereta
Api di bagian klerk (boeroeh kasar). Ia bekerdja selama 7 djam sehari,
di kamer jang zonder poenja ventilatie boeat oedara bersih, sahingga
Soekarno moeda moesti hiroep oeap en asep tijap-tijap harinja, kerna
iapoenja kantoor berhadepan langsoeng dengen rail (rel) poela djaloer
sepur (peron). Inget, sepur/spoor boekanlah Kereta Api, spoor adalah:
djaloer, dan itoe Kereta Api dalem Bahasa Belanda jang bener = TREIN!

Buku "The Beauty of Indonesian Railways" jang dibikin oleh sadjoemblah
penggila Kereta Api, tergaboeng dalem gerombolan jang marika seboet:
Kereta Anak Bangsa, persembahkan soatoe karja jang djempolan poenja
tiada kadoeanja, dengen kassie liet beratoes-ratoes foto tjiamik tjakep
betoel (banjaknja koerang lebi 560 foto berwarna). Boekoe itoe pakein
teks Doea Bahasa (Bahasa Indonesia en Bahasa Inggeris) amet pantes
boeat didjadiken sebagi collectie bermoetoe prima ataoe boeat cadeau
(kado) kepada familie, temen sekantoor, temen tongkrongan, gebetan,
patjar, djoega tjalon mertoea. Tatkala ia/marika boeka en batjain itoe 
boekoe, nistjaja senjoemnja bakalan berkembang lebar en goembirah :)

Begimana tida, dalem boekoe jang tebelnja 356 halaman itoe, kitaorang
dapet liet njaris semoea warisan peninggalan dari djeman doeloe, tatkala
kereta api di Indonesia (Hindia Belanda) maroepaken salah satoe deripada
proesahaan kereta api terbaik di Asia. Namoen, djangan keliroe, boekoe ini
BOEKAN BOEKOE SEDJARAH PERKERETAAPIAN, ..tetapi boekoe ini tampilken
portret-potret nan indah en bikin seger mata perihal doenia perkeretaapian,
apalagi djikaloe diliet sambil koffie drinken ataoe thee drinken di petang hari
(minoem kopi ataoe minoem teh) bole djadi fikiran jang tadinja koesoet akan
seger en bertjahja, hari-hari semangkin bergairah, badan sihat en sentausa.

Boekoe ini bole dibilang boekoe perihal semoea en apa sadja tentang Kereta
Api di hari ini, dikassie liet dari roepa-roepa aspect en soedoet, tida tjoema
fisik kereta api en bangoenan stationnja sadja, djoega ada factor manoesia
jang mendjalanken roda economie dan industrie perkeretaapian di Tanah Air.
Boedaja di doenia kereta api poen tida loepoet dari pandangan para djoeroe
portret Mat Kodak itoe.
Activiteit pegawai jang sedang sijapken kajoe bakar
oentoek idoepken itoe locomotief stoom (oeap) sampe portret kegiatan para
masinis en condecteurnja.
Poen, dengen pelajanan kepada masjarakat peng-
goena djasa kereta api jang semangkin hari semangkin bagoes. Pengetjekan,
perawatan aset proesahaan dikerdjaken dengen penoeh pengabdian toeloes,
jang hatsilken kwaliteit jang lebi baek dari hari ke hari. Tindakan jang patoet
dipoedjiken. Dedikasi anak bangsa oentoek kemadjoean transportatie negerij.

Naek kereta api tentoe sadja erat hoeboengannja dengen culinair ataoe ma-
kan-makan. Toean en Njonja pastinja demen sama makanan ringan chas dari
kota Semarang, jakni: Wingko Babad tjap Kereta Api. Itoe koewe ketjil imoet
amet ledzat rasahnja, jang orang banjak fikir itoe koewe ada aselinja bikinan
deripada kota Semarang, padahal bikinan kota Babad, Djawa Wetan (Timoer).
Bentoeknja boelet pipih, en rasahnja sedap. Diboeat dari tjampoeran adonan
ketan, klapper (kelapa), goela pasir, garem en aer poetih jang dipanggang di
atas arang dalem toengkoe. Toean en Njonja pasti merem-melek makan itoe.
Satoe lagi jang djangan sampe tida ditjoba, ia itoe: Roti Gandjel Rel. Tjotjok
boeat tangsel peroet koetika laper melanda, en pastinja ni'mat rasah rotinja.
Petjel Pintjoek berikoet gorengan toeroet hadlir di doenia perkeretapian seda-
ri doeloe hingga sekarang. Sajoeran jang seger en sihat soenggoe menggoda
hasrat oentoek menjantapnja. Emang enak naek kereta api, banjak makanan.

Makanan en vakantie (liboeran), doea kata jang tepat oentoek djalan-djalan
koeliling Indonesia dengen familie en sobat-ande. Kitaorang bole sewa bebra-
pa faciliteit kereta api jang ada di Poelo Djawa en Poelo Sumatra. Tinggal di-
pilih sadja, apatah mahoe liwatin pinggirnja aer terdjoen (aer mantjoer, kata
orang Padang), samping Meer (danaoe) Singkarak jang amet bekend dengen
populatie Ikan Billie-nja, ataoe interessant (tertarik) melintasi djaloer oetara/
selatan Poelo Djawa dengen wagon (gerbong) jang speciaal? Ada tiga pilihan
Kereta Wisata, jang bernama: Nusantara, Bali, Toraja. Tijap-tijap nama poe-
nja tjiri chas tersendiri, disesoeaiken dengen thema nama Kereta Wisata-nja.
Sabermoela, itoe kereta api wisata dipake oleh: Presiden Republik Indonesia,
jang kamodian bole disewa oleh masjarakat oemoem. Tida heiran intereurnja
ametlah mewah dan tampilan VVIP. Ada kamer mandi, kamer tidoer, bar mini,
medja makan, tempat doedoek jang empoek-njaman. Soeda lajaknja roemah
gedongan berdjalan sadja, Toean en Njonja bole tetirah dengen rileks seraja
menatap sawah, goenoeng, kaindahan natuur Indonesia dari atas kereta api.

Masih ada banjak alternatief berliboer dengen Kereta Api Wisata di Indonesia,
apatah mahoe liwatin tengah kota saperti di Soerakarta (Solo) dengen Sepur
Klutuk Jaladara? Ataoe mahoe liwatin atas djembatan djadoel en pemoekiman
pendoedoek hingga hoetan djati di Tjepoe? Lantas ada jang locomotief liwat
rawa ataoe menandjak boekit dengen locomotief oeap bergerigi (ada giginja)
di Ambarawa-Toentang en Ambarawa-Bedono. Kadoea pake wisata achir ini
maroepaken djaloer Kedoengdjati-Ambarawa-Magelang jang doeloenja dibikin
oentoek kepentingan militair (militer) oleh pamerentah koloniaal Nederlandsch-
Indie (Hindia Belanda), namoen sekarang oentoek wisata perkeretaapian kita.
Djangan loepa lakoeken pemesenan Kereta Api Wisata, nikmati petoealangan
seroe seoemoer idoep, naek kereta api plesiran di negerij tropisch jang mooi!

Walopoen boekan boekoe sedjarah kereta api, tetapi boekoe ini bri tahoeken
banjak peninggalan sedjarah perkeretapian, saperti station kasatoe di Djawa
jang hoeboengken kota Samarang (Semarang) dan Station Tanggoeng, jang
pernahnja (letaknja) di sekitar 25 KM sebelah zuid (selatan) kota Semarang.
Awas, djangan salah, itoe Station Samarang jang terseboet di atas, boekan
Station Tawang jang sekarang kita kenal. Station lawas itoe, soeda tiada :(
Akan tetapi Toean en Njonja masi bisa liet locatienja tatkala plesiran di kota
Semarang kelak. Bekas station jang sekarang soeda djadi pemoekiman rakjat.

Laen di Semarang, laen di Tanggoeng. Ini station masi ada dan berdiri tegoeh
en didjaga ketoelenan architectuurnja, dengen tegel jang aseli, perabotannja
dari masa lampaoe poen masih terawat dengen baek. Berada di dalem station
antiek ini lajaknja terlempar ke masa laloe djeman koetika itoe industrie suiker
(goela) masi berdjaja, menghasilken banjak wang boeat para kompeni fabriek.
Station laen jang ditampilken tida kalah menarik dengen doea station di atas,
bahkan bebrapa station itoe di kamodian harinja brobah functienja, mendjadi
museum saperti Museum Ambarawa (1978), en Museum Sawahloento (2007).

Sepur moelai ada di Noesantara sedjak 146 tahon silam, lebi tepatnja tanggal
10 Augustus 1867, diboeka oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschap-
pij (NISM) jang bangoen djaloer rail dari Samarang ka Tanggoeng itoe. Lantas
kamodian kembangken ke berbagi pendjoeroe Poeloe Djawa en Poelo Sumatra.
Pada masa djajanja, hatsil boemi en tambang didominasi oleh kereta api jang
dapet angkoet barang sampe ke plaboehan kapal laoet. Transportatie massal
beroepa Tram berbasis rail poen dibikin di sadjoemblah kota di Djawa. Batavia,
Semarang, Soerabaia, en Malang sempet alamken masa keemasan kereta api.
Kota-kota besar itoe nampak saperti kota modern di Europa, poen di Amerika. 

Station kereta api jang gede, lokomotief oeap jang item en gagah, kereta api
dari djeman doeloe sampe djeman sekarang (hari ini), gedong megah, kantoor,
museum, terowongan "ditjeriteraken" dalem gambar, en sedikit didjelasken hal
ini-itoe setjara ringan en padet. Ada djoega riwajatnja kereta api ARGO (jang
artinja goenoeng), mengapa diseboet Argo Bromo (jang liwatin djaloer oetara
Poelo Djawa, jang relnja melintasi pinggiran laoet di bilangan Plaboean, Batang,
Djawa Tengah), lantas kisah Argo Willis jang liwatin djaloer Selatan en singgah
di doea kota kaboedajaan Djawa, jakni Soerakarta/Solo en Djocjakarta/Yogya).

Adapoela station jang dibangoen oleh architect Belanda bernama P.A.J.Mooijen,
jang djoega bangoen bilangan Menteng di Batavia (Djakarta). Station ini djeman
sekarang bernama Stasiun Cirebon (jang bekend diseboet oleh pendoedoek lokaal
dengen nama Stasiun Kejaksan) jang diberdiriken sedjak tahon 1912 (ach precies
dengen berdirinja "kota taman" Menteng). Masih di Menteng, Meneer Mooijen ada
membangoen gedong N.V. de Bouwploeg (jang sekarang dialih-functieken sebagi
masdjid, Mesjid Cut Meutiah), dari nama gedong inilah, maka masjarakat menge-
nalnja sebagi wilajah Boplo, bahkan makanan tradisioneel Betawi djoega kasohor
jang diabadiken dari nama Boplo ini (yah Gado-Gado Boplo jang enak itoe! hehe).

Lioekan si oeler besi jang sedang melintasi djembatan kereta api terpandjang di
Indonesia poen tida loepoet dari intipan toestel para fotografer penikmat spoor.
Apalagi ada satoe djembatan jang uniek, dimana pada bagian atas terdapat rel
kereta api, dan di bawahnja ada djalan boeat automobil (mobil) djoega oentoek
motorfietsen (sepeda motor) ataoe pit (fiets/sepeda). Ditambah lagi locomotief
en wagon
sepur membelah sawah jang idjo rojo-rojo tjerah, semangkin "boeka"
mata kitaorang atas kaindahan negerij Indonesia. Perkara ini bole djadi bangkit-
ken rasah tjinta Tanah Air, jang djoega dialamken betoel oleh para pendahoeloe
bangsa kita jang timboelken rasah nationalisme tinggi, temoeken "keindonesiaan".

Marika, para perintis kemerdekaan itoe, setjara tida langsoeng menjadari bahoea
andeel kereta api jang begitoe penting bagi pengenalan akan negerij tertjinta ini.
Peran ini bergoena boekan di djeman awal ka-20 sadja, koetika itoe moentjoelnja
prijaji baroe, para prijaji terpeladjar jang boekan berasal dari ketoeroenan keraton.
Perdjalanan riwajat kereta api teroes berlandjoet hingga ke djeman pendoedoekan
Djepang, romusha ataoe kerdja paksa dilakoeken di tanah Saketih-Bajah (Banten)
en Pakan Baroe-Moearo (Riau-Sumatera Barat) jang bikin banjak orang semapoet.
Bung Karno & Bung Hatta djoega goenaken kereta api sebagi sarana perdjoangan.
Sebagian collectie bersedjarah perdjoangan kemerdekaan itoe dapet kitaorang liet
di Museum TMII Jakarta (Taman Mini Indonesia Indah). Collectie jang bikin kagoem.

Moengkin sadja setelah Lebaran, kitaorang bikin programma koelilingin station dan
bangoenan bersedjarah perkeretaapian, sahingga Toean dan Njonja tambah faham
perihal riwajat Kereta Api di Indonesia, tida tjoema di Poelo Djawa sadja melainken
djoega jang di Poelo Sumatra en Poelo Celebes (Soelawesi). Bole djadi sampe toe-
roet menjaksiken satoe locomoteif legendaris djaloer Batavia - Buitenzorg, moelain
dioperasiken pada tahon 1925 oentoek menjamboet 50 tahon oemoernja Kereta Api
Negara (Staatsspoorwegen) en diperkenalkennja system electrificatie perkeretaapi-
an di Batavia en sekitarnja (asal moelanja djaloer KRL, Kereta Rel Listrik Jabotabek).
Itoe locomotief berhatsil dipreservatie dengen baek oleh komunitas petjinta kereta
api bebrapa tahon laloe, dan sekarang disimpen di Balai Yasa Manggarai (sala satoe
bengkel kereta api peninggalan Hindia Belanda jang masi berfunctie baek en bener).
Masjarakat di Djakarta tempo doeloe kerap memanggil nama locomotief itoe dengen
seboetan "Bon-Bon" kerana tatkala itoe locomotief en wagonnja (gerbongnja) liwat,
maka terdengar soeara adjaib "...Bon...Bon, Bon... Bon (ach, moengkin sadja kaloe-
kaloe Ricky Martin lagi di pinggir rel, maka ia bakalan djoget "Shake Yo Bon-Bon...")

Boekoe "The Beauty of Indonesian Railways" jang di-design dengen tjakep betoel ini,
goenaken sampoel boekoe jang keras (hard cover) plus ada jacketnja poela. Djikaloe
di Toko Sebelah didjoeal dengen banderol Rp.450.000,- tetapi kaloe-kaloe pesennja
liwat kami SAHABAT MUSEUM,
dibriken harga jang speciaal, jakni korting Rp.100.000, 
djadi Toean en Njonja nantinja tjoekoep bajar tjoema Rp.350.000,- sadja! Soenggoe
penawaran jang istimewa. Lekas, tjepet, ajoo pesen! Silahkan diliet gambar sampoel
en 2 foto jang diambil deripada dalem boekoe ini di lampiran email Toean dan Njonja.

Djikaloe mahoe dikirim ke roemah ataoe kantoor, boeat di bilangan Batavia (Jakarta),
tjoekoep tambahken Rp.10.000,- namoen jang di bilangan Bu-De-
Ta-Bek (Buitenzorg,
Depok, Tanggerang, Bekassie) =  Rp.15.000,- lantas kamodian aken kitaorang paket-
ken itoe boekoe via djasa Post, Telegraaf en Telefoon Dienst (eh PT.Pos Indonesia!)

So, toenggoe apalagi ?!! Lekas, tjepet, sigra pesenlah boekoe jang bagoes betoel ini 
sekarang djoega ke email: adep@cbn.net.id ataoe hoeboengi via telefoon-tangan di
nummer: 0818 94 96 82 (nomer urut pemesen akan diberikan stelah mesen via email,
nantinya ditransfer uang sesuai dengan nomer urut) dapat ditransfer setelah mesen,
doeit bisa ditransfer ke Bank BCA: 2371425693 BCA cab Pondok Indah atas nama
ADE HARDIKA PURNAMA toeloeng dikonfirmasikan segera via sms ke 0818 94 96 82
ataoe via email jang seperti biasa, discan aja, lantas kirim ke adep@cbn.net.id (doeit
jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa dioper kepada orang laen/
teman) Sekarang juga bisa ditransfer ke rekening MANDIRI: 101.000.44.34.088: ADE
HARDIKA PURNAMA en djoega ke rekening BNI 46, ia itoe dgn no.rek: 0148445465
atas nama: ADE HARDIKA PURNAMA (oh iya kedua bank itu cabang Pondok Indah)
Tjara membajarnja/transfer, misalnja: Onky Alexander ada di no.urut 18 maka Onky
transfernja = Rp.350.018 (kalo di mesin ATM ketiknya Rp.350018 <<<<<angka 18 di
belakang mengacu ke no.urut) djadi ntar bajarnja boekan Rp.350.000 sadja, tetapi
ditambah Rp.18 sebagi nomer urut. ok? bener yah kayak gitu, trims. Oh iya djikaloe
soeda mentransfer dan soeda pake no.urut, kabari yaaaw! Kalo memesen lebih dari
1 orang dan pengen transfer sekaligus, yang misalnya contoh kayak begini nih yah:

18. Onky Alexander
19. Meriam Bellina
20. Btari Karlinda

Transfernya bisa sekaligus = Rp.1.050.018 (mengacu ke no.urut paling dulu), jadi no.
urutnya jangan dijumlahin jadi 1 yah (18 + 19 + 20 = 57 = Rp.1.050.057), JANGAAAN,
JANGAN, JANGAN. karna nantinya malahan bikin bingung, en udah gitu kan no.urut 57
udah ada yang punya, orang laen, gitu ganti :) Tetapi kalo mau transfer atu-atu juga
boleh, ketik aja Rp.350.018, Rp.350.019 dan Rp.350.020, or misalnya temen/keluarga
mau pesen lagi, dan mendapatkan no.urut yang jauh dari rombongan Anda (misalnya,
dapet no.urut: 178), maka nanti kalo mau mentransfer sekaligus, tolong disebutin aja
yah bahwa (misalnya mau transfer untuk 4 orang sekaligus), duit yang Rp.1.400.018
itu untuk no.urut 18, 19, 20 dan 178. Nah, tjoekoep faham kan? semoga Toean dan
Njonja bisa bikin kitaorang kagak bingung. Makasih banyak yah atas kerjasamanya :)

Jangan sampe keabisan, stock terbatas! Lebaran sebentar lagi, kan keren kalo nanti
pulang kampung, pas lagi di stasiun kereta api, selaen nenteng kardus Indomie, juga
nenteng buku "The Beauty of Indonesian Railways"! Bukan begitu bukan Bapak-Ibu?!

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
P: 0818 94 96 82
0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
Email: adep@cbn.net.id
Facebook: Ade Purnama
Twitter: @sahabatmuseum
www.sahabatmuseum.org


Attachment(s) from Ade Purnama

3 of 3 Photo(s)


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: