7.5.14

[tourismindonesia] PLESIRAN TEMPO DOELOE: Fabriek Opium deket Station Salemba, Minggu 11 Mei 2014



PLESIRAN TEMPO DOELOE: Pabrik Candu & Stasiun Salemba

Kumpul di Museum (Bank) Mandiri (seberang Stasiun Kota)
letaknya di Jl. Pintu Besar Utara (seberang Halte Busway)
Minggu, 11 Mei 2014 djam poekoel 07.30 pagi hari

Rp.50 ribu/org, sudah termasuk:
(thee manis anget)
(snacks di pagi hari)
(minuman botol/akwa)

(kaartjis spoor dari Stasiun Jakartakota ke Stasiun Cikini pp)

(bezoek Station Salemba dan bekas Fabriek Opium/Tjandoe)
(jalan kaki via Pasar Ampium dan berfoto di Jembatan Spoor)

(nonton film orang laki sedang isep tjandoe djeman kumpeni)

(juga foto si pecandu/pemadat yang lagi sakaw asoy geboy)
(dikasih liet foto kondisi di dalam bangunannja fabriek opium)

 

(perihal riwajatnja spoorweg/djaloer spoor di Batavia/Djakarta,

akan ditjeritaken oleh Aditya Dwi Laksana, achli sedjarah trein/

spoor di Indonesia, jang soeda bikin boekoe djempolan poenja

bertadjoek: "The Beauty of Indonesian Railways"; dan perkara

tjandoe bakalan dikassie taoe oleh Andy Alexander, jang nanti

akan berkisah perihal opium dari djeman VOC, dampak boeroek-

nja boeat rakjat di Djawa, oetamanja kaoem pekerdja en kollie).

 

Bank BCA: 237.14.25.693
MANDIRI: 101.000.4434. 088
atau BNI 46: 01.48.44.54.65

(please kirim email dulu sebelomnya, ntar dibales kok, untuk dapatkan

nomer urut keikutsertaan, jangan langsung transfer yah, ntar kitanya
malah bingung karena dapetin itu uang kaget, bisa dikopi khan jek?!)
(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price iatoelah:
Rp.50.000/orang)

 



Opium ataoe tjandoe di djeman sablonnja kemerdekaan maroepaken sasoeatoe jang

amet moedah didapetken. Didjoeal orang lajaknja rokok, dikassie idzin oleh pameren-

tah kompeni. Tetapi bikin badan rakjat ketjil koeroes kering, dompet kering dan tjek-

tjok dengan isteri atjapkali tiada dapet dihindarin. SAHABAT MUSEUM bakalan briken

tjeritera riwajat opium dengan bener en compleet sembari koendjoengin eks bangoe-

nan fabrieknja di bilangan Salemba soepaija generatie moeda lebi faham perihal boe-

roeknja pengaroeh deripada tjandoe, en tentoenja djoega soepaija nanti marika tida

pada sakaw (salah kawan) dalem pergaoelan. Tjatet tanggalnja, sigra ikoetin atjara:

 

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Fabriek Opium deket

Station Salemba Minggoe, 11 Mei 2014 dari djam poekoel 07.30 sampe 12

 

Apa djadinja djikaloe tjandoe masih digoenaken sampe hari ini? Terbit berbagi ma-

tjem anak moeda jang kerdja'annja tjoemah bisa planga-plongo, bengong tida dje-

las djoentroengannja, moeka datar dengan tatapan hampa, tampilan bego, tiada

toekomst (masa depan). Eh, tetapi di djeman Hindia Belanda, koerang lebinja pa-

da tahon 1860-1910, penggoena opium djoega orang toea en kaoem prampoean.

Broentoenglah kitaorang idoep di djeman modern ini, banjak activiteit positif jang

dapet dilakoeken zonder haroes toeroet isep tjandoe, jang tiada faedah baeknja.

 

Tjandoe di djeman doeloe adalah legal, resmi, dan dikelola baek oleh pamerentah.

Dinamaken opiumpacht (pak opium), jang bole dibilang adalah sematjem kasepaka-

tan monopoli oentoek pendjoealan opium, jang dibriken oleh negara kepada marika

jang bermoefakat dengan negara oentoek mendjoeal opium. Marika itoe, kamodian

diseboet: pachter. Tentoe sadja para pachter moesti bajarken padjak jang loema-

jan tinggi kepada pamerentahan kompeni. Biasanja pachter jang kerdjaken ini ada-

lah Orang Tionghoa, jang brani kaloear on-kost besar boeat pamerentahan Hindia.

Maskipoen demikian, penikmat opium jang djoembelahnja terbesar ia itoelah Orang

Djawa, boekan Tionghoa. Banjak terdapat di Djawa Tengah dan Djawa Timoer, en

choesoesnja di Kediri. Tetapi verboden boeat wilajah Priangan (Djawa Barat) poen

Bantam (Banten), sebab-sebab masjarakatnja jang lebi religious ketimbang di doea

tempat terseboet di atas. Namoen, boekan berarti di doea terachir itoe opium tida

dapet dinikmatin. Pasar gelap, tempat djoealan barang ilegal ada moentjoel djoega.

 
Berbeda dengan abad ka-16 dan 17, Belanda bersama Kongsi Dagang Kompeni-nja
(VOC) tiada poenja hasrat besar oentoek menetap di Djawa, kerna itoe Kapoeloan
Molukken/Mollucas (Kepulauan Maluku) soenggoe terbitken kaoentoengan financi-
aal jang menggioerken. Soember deripada hatsil boemi jang prijs (harga) djoealnja
dapet di mark-up hingga 1000 % (seriboe procent !!!). Walopoen soeker oentoek
disamperin, kerna alesan koerang amannja conditie di daerah sana, dan perdjalan-
an jang amet djaoe dan lama. Tetapi, siapatah jang tiada tergoda oentoeng 1000
procent di depan mata?! Kamodian, ada pertimbangan en fikiran jang praktisch en
sebab-sebab keadahaan keamanan jang mengerikan di bagian Noesantara di bila-
ngan oost (timoer) itoe lah jang bikin Gouverneur-Generaal Jan Pieterszoon Coen,
oentoek tjoeba berpidjak di Tanah Djawa en berdiriken kota baroe Batavia sasoe-
da antjoer-leboerken kota traditionaal Djajakarta, pada tanggal 30 Mei 1619 itoe.
 
Perkembangan brikoetnja, selama di abad ka-17, radja-radja di Djawa jang lemah,
anggep VOC jang poenja doeit banjak dan armada perangnja koeat, patoet didja-
diken sekoetoe oentoek pertahanken legitimatienja, dan mendoekoeng membasmi
pemberontak jang merongrong kakoeasannja en antjeman fihak laen jang nampak
akan mereboet teritorienja. Sebagi imbalannja, penggede VOC teroes meminta wi-
lajah teritorie deripada kakoeasan Radja Mataram en pengoeasa lokaal laennja se-
tjara paksa dan hak-hak dagang speciaal, ia itoe monopoli oentoek import sekali-
goes mengedarkannja (Waaaah, kakek-boejoetnja pengedar/bandar narkoba nih!)

Proces perloeasan VOC, jang kitaorang beladjar sekarang ini, dikatakan bahoewa
VOC ataoe Belanda mendjadjah zonder ampoen, padahal wilajah/teritorie/daerah
itoe djoega ada jang didapetken dari barter/toeker djasa. Kompeni kassie bantoe-
an keamanan dan pasoekan perang, pengoeasa lokaal briken asset tanahnja/ling-
koep kakoeasannja. Hal matjem ini, jang lama-lama bikin daerah kakoeasaan Ma-
taram semangkin mengetjil en mentjioet. Tida heiran achirnja Kompeni kamodian
dapet mencaplok abis tanahnja Mataram, bahkan dibagi mendjadi doea, pada ta-
hon 1755 di Perdjandjian Gijanti. Sedjak itoe, saorang Soeltan mengatoer Djocja-
karta, en saorang Soesoehoenan mengatoer Soerakarta. Kadoeanja poenja Rad-
ja lokaalnja masing-masing. Belanda menjeboetnja Vorsten (radja), en wilajahnja
poen diseboet Vorstenlanden, ataoe bole bermakna teritorie jang dikoeasai radja.
 
Di atas soeda didjelasken sadikit, bahoewa penggoena terbesar opium di Indone-
sia tempo doeloe, ataoe lebi tepatnja di Tanah Djawa adalah Orang Djawa sendiri.
Selaen Orang Tionghoa, jang kerap pake opium dengan kwaliteit jang tamtoe lebi
mahal. Bahkan pasoekannja Pangeran Diponegoro poen toeroet pake opium. Koeti-
ka pasokan opium tida lantjar, maka marika djatoh sakit dan sakaw (boekan salah
kawan, tapi beneran sakit nagih, tetapi tiada persediaan opium tatkala diboetoeh-
ken badan soepaija conditie badan "tetap prima en normaal"). Boeat marika, peng-
goena opium, mangpa'atken tjandoe sebagi medicijn/obat tatkala sakit kepala, de-
mam en menggigil kerna malaria, sakit peroet, diare, asma, sampe tjoema keseleo!
Poen dipertjaja dapet obatin itoe daripada gedjala sakit kelamin akibat prampoean!

Memang pengaroeh opium dapet bikin orang djadi goblok, halusinatie pengrasahan
jang koeat, sijap siaga dan bertenaga, walopoen itoe tjoemah euforia sabentaran.
Sensasi dan fantasy sexual tida loepoet deripada kagoembirahannja orang Djawa.
Bole bikin orang merasah njaman, "terbang tinggi" didatengin prampoean-prampoe-
an tjantik, jang membawaken opium (yaaaaah, begitu lagi mimpi dan khayalannya!).
Namoen ada alesan laen jang bikin sadjoemblah lelaki Djawa jang tetap pake opium.
Marika bertjeritera itoe atas desakan isterinja, soepaija sang soeami tida kaboer ka
prampoean laen, lantas diboeatlah kaadahan mengalihken hasrat sexual ke tjandoe.
Lelaki moeda en blon kawen biasanja dateng ke bilik-bilik opium, ditemenin pelatjoer
en lantas marika lakoekoen activiteit "plesir doenia" hingga ka poentjak kanikmatan.
 
Boenga opium (papaver somniferum) boekan atsalnja dari Djawa dan tiada ditanem
di Tanah Djawa. Itoe opium jang legal poenja pamerentah, didatengken dari Turkije
(Turkey), Persia (sekarang Iran) dan British Bengal. Oentoek jang ilegal biasanja di-
datengken dari Timoer-Tengah dan British India, lantas singgah di Singapoera, dan
kamodian masoep ka Bali (Soenda-ketjil). Dari Bali ini opium ilegal masoep ka Djawa.
Tjandoe didjoealin koeliling dari kampong ka kampong, bahkan dari pintoe ka pintoe.
Djadi amet moedah oentoek beli opium zonder takoet ditangkep hamba-wet (polisi). 
Toean Andy Alexander dengan hati senang briken pendjelasan poela kisah jang ber-
hoeboengan dengan opium di djemannja VOC. Ada djoega tjeritera perihal boeroeng
igredja (geredja) jang dojan nemplok di atas gedong Fabriek Opium, perlahan-lahan
oleng, dan djatoh ka bawah, boekannja "nge-fly" tetapi kok malahan ambroek ckck.
 
Tjandoe poen dipake di djeman Revolusi Kemerdekaan sebagi obat boeat pedjoang
mengoerangi penderitaan dari bagian toeboeh jang terloeka akibat tembakan fihak
moesoeh, ataoe loeka jang disebabken activiteit perdjoangan. Berbeda dengan di
djeman pendoedoekan Djepang, perdagangan dan penggoenaan tjandoe amet di-
larang keras, kerna dianggep dapet melemahken soemangat Rakjat Indonesia da-
lem membantoe Djepang oentoek memenangken Perang Asia Timoer Raja. Tetapi
pada Masa Revolusi, Pamerentah Republik Indonesia menerapkan standard ganda.
Di satoe sisi marika menggoenaken tjandoe oentoek kepentingan perdjoangan en
mentjari biaja oentoek kelandjoetan pamerentahan, pada sisi laen melarang peng-
goenaan tjandoe zonder idzin, waloepoen sebagian masjarakat di Soerakarta tida
perdoeli dengan antjeman hoekoeman jang amet ringan, djadi tiada orang takoet.
Lagipoela mengisep tjandoe soeda maroepaken kebiasaan jang soeker dibrentiken.
 
Djikaloe kitaorang boekain peta Jakarta jang terbit sablonnja djeman kemerdekaan,
di sitoe tertoelis kata Opium fabriek, jang pernanja di bilangan Salemba. Locatienja
itoe, kaloe-kaloe Toean en Njonja perhatiken lebi telaten, koerang-lebinja sekarang
ada di Kampus UI Salemba, di bagian noord, deket Pasar Kenari. Orang doeloe soe-
ka omong bahoewa itoe kampus sedjatinja bekas fabriek productie tjandoe djeman
koloniaal. Hal jang bikin kitaorang goembirah adalah itoe bangoenan lama nan aseli
misih ada hingga hari ini! Dipake sebagi roeangan klas (kelas) en kantoor dari MPKP
(Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik) FE-UI. Toean-Njonja bole liet dengan
kepala sendiri, begimana roepanja gedong bekas fabriek jang soeda seratoes tahon
lebi oemoernja jang tetap eksis dan di-alih-functie-ken sebagi sasoeatoe jang poe-
nja faedah besar di bidang educatie. Faktanja, Universitas Indonesia (UI) jang tat-
kala itoe bernama Universiteit van Indonesie pergoenaken bekas bangoenan fabriek
itoe sebagi klas beladjar. Soewatoe bangoenan tjagar boedaja jang patoet didjaga!
 
Kombali ka peta, nantinja Toean Aditya Dwi Laksana dari Kereta Anak Bangsa baka-
lan kassie terang perihal djaloer rel (spoorweg) jang doeloenja tersamboeng ka lin-
tasan itoe. Dari Station Pegangsaan ka Station Salemba, jang garisnja loeroes arah
ka timoer menoedjoe Station Kramat. Tepat sasoedanja liwatin djembatan spoor di-
antara bilangan Tjikini en Salemba, kamodian itoe djaloer rel bertjabang 2, ka kanan
Fabriek Opium, en belok kiri toedjoen Station Salemba. Kitaorang di hari ini pastinja
soeda tida pernah denger itoe nama station. PT. KAI (Kereta Api Indonesia) djalan-
ken djaloer Stasiun Gambir - Stasiun Gondang Dia - Stasiun Cikini - Stasiun Mang-
garai zonder ada belokan ka Stasiun Salemba. Maka dari itoe nantinja hari Minggoe
pagi, kitaorang bakal berdjalan kaki liwatin itoe Pasar Ampioen (kata orang, diambil
dari nama Opium -jang letaknja di oedjoeng sana lagi en di deket Jl.Salemba Raya).
Apa alesan diboeat Station Salemba? Sampe kapan dipake sebagi gedong station?
Mengapa sekarang misih ada, en digoenaken oleh warga sebagi roemah tinggalnja?
 
Pendjelasan dari Toean Aditya ametlah penting, apalagi djikaloe Toean-Njonja ada-
lah pendoedoek Djakarta, ataoe memang demen riwajatnja spoor ataoe sedjarahnja
kota Jakarta ini. Sebab-sebab iaorang akan bertjeloteh tentang perdjalanannja tiga
operator kereta api di djeman kompeni. Sedari NIS (Nederlandsch-Indisch Spoorwe-
gen) jang poenja Station Batavia Noord (oetara), en eigenaar (owner) djaloer rame
dan oentoeng besar, jakni: Batavia - Buitenzorg (Bogor). Laloe ada operator poenja
Pamerentah Hindia Belanda, ia itoe S.S (Staatsspoorwegen) memiliki djaloer ka arah
Anjer liwat djaloer barat, dan stationnja ada di Batavia Zuid (selatan), jang sablon-
nja adalah milik BOS (Bataviasche Ooster Spoorwegen), jang orang Betawi dari doe-
loe sampe sekarang menjeboetnja Statsion BEOS! Itoe samoea katiga operator dja-
loer sepur, di hari ini dioperatieken oleh satoe pemaen sadja, ia itoelah PT.KAI jang
bekend. Sedjarah djaloer legendaris itoe akan dibahastoentas sampe Toean-Njonja
tjoekoep faham, ditambah lagi tjeritera perihal djaloer rel jang nampak di peta awal
tahon 1900-an, tatkala itoe rel kereta api liwatin (jang sekarang) Jl.M.Yamin dan Jl.
Sutan Sjahrir di Menteng! Peta lama bikinan P.A.J.Mooijen (architect jang bangoen
kawasan Menteng/Kondang Dia), akan dikassie liet. Perhatiken dengan peta sasoe-
da itoe, bikinan Meneer Kubatz, jang amet beda dengan designnja Meneer Mooijen.
 
Ach, soenggoeh plesiran jang bikin kitaorang tambah pinter, otak tjemerlang, djadi
tambah tjinta dan sajang dengan kota Jakarta. Nistjaja Toean-Njonja akan dengan
bangga kassie tjeritera kisah kota ini kepada temen sekantoor, familie, sobat-ande,
oetamanja kisah di balik bangoenan toea-nja, system djaloer kereta jang misih bisa
diliet djedjaknja dalem kahidoepan sehari-hari ini. Naek trein, bus, automobile, fiet-
sen (sepeda), motorfietsen (sepeda motor), ojeg, taxi, djadi njaman, kerna tengok
kanan-kiri soeda taoe kapan diberdiriken bangoenannja, siapa jang bikin, functienja
doeloe apa, dan sekarang dipake oleh siapa, sebagi apa, dan kisah menarik laennja.
Djikaloe kapengen ikoetin ini plesiran, djangan sampe tida compleet, lekas gaboeng
di Museum Bank Mandiri (doeloe: Factorij Nederlandsch Handel-Maatschappij/NHM)
disebrang djalan Stasiun Jakartakota, ataoe nanti menjesel seoemoer idoep *gleg*
 

Zo, toenggoe apalagi ?!! Lekas, Sigra daftarken diri Toean-Njonja sekarang djoega!
kirimken email ka sini: adep@cbn.net.id (adep at cbn dot net dot id), ataoe djikaloe

mahoe bertanja sablonnja, sila bel telefoon-tangannja di nummer: 0818949682 (lan-
tas nummer oeroet peserta akan dibriken sasoeda mendaftar, sehingga nanti ditran-
sfer oeangnjasasoeai dengen nummer oeroetnja), kamodian dapet ditransfer oeang-
nja langsoeng:  BCA, no.rek 2371425693 BCA Pondok Indah, a.n: ADE HARDIKA
PURNAMA toeloeng diconfirmatie sigra via email ataoe sms ka nummer 0818949682 
selekasnja. (djikaloe Toean ataoe Njonja ternjata tida djadi ikoetan, en soeda trans
fer, moehoen ma'af, doeit jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa
dioper kepada orang laen/familie/teman). Adapoen nummer rekening MANDIRI = 101.
000.44.34.088, a.n: ADE HARDIKA PURNAMA en rekening BNI 46, yaitu dgn no.rek:
01.48.44.54.65 a.n: ADE HARDIKA PURNAMA, kantoor tjabang Pondok Indah poela.

Tjara membajarnja/transfernja, misalnja: Onky Alexander ada di nummer oeroet: 18,
maka Onky transfernja = Rp.50.018 (djikaloe di mesin ATM ketiknja Rp.50018 <<<<
angka 18
di belakang mengatjoe ka nummer oeroet jah, djadi nanti bajarnja boekan
= Rp.50.000 sadja, tetapi ditambah Rp.18 sebagi nummer oeroet. Kaloe-kaloe men-
daftar lebih dari 1 orang, en kapingin transfernja sekaligoes djalan, tjontohnja kajak:

18. Onky Alexander

19. Meriam Bellina
20. Btari Karlinda

 

Transfer bole sekaligoes = Rp.150018 (mengatjoe ka nummer oeroet paling doeloe),

maka dari itoe, nummer oeroet djangan didjoembelahken djadi 1 jah (18 + 19 + 20

= 57 = Rp.150.057). Oh, DJANGAN, DJANGAN, DJANGAN. kerna nantinja malah bikin 

kitaorang mendjadi bingoeng, en bole djadi nummernja (oempama nummer oeroet: 

57) soedah ada jang poenja, orang laen. Dapet menjebabken kakaliroean. Tetapi

kalo mahoe transfernja satoe per satoe djoega boleh kok, ketik sadja = Rp.50.018,

Rp.50.019 en Rp.50.020, ataoe misalnja ada temen/keluarga jang masih kapengen

mendaftar lagi, en mendapatken nummer jang djaoe dari rombongan Toean-Njonja

(misal dapet nummer oeroet: 178) maka nantinja djikaloe mahoe men-transfer-nja

sekaligoes/sekali djalan, toeloeng diseboetken sadja,  bahoewa doeit jang sebanjak

Rp.200.018 itoe, oentoek nummer oeroet:18, 19, 20 en 178. Makasih atensinja jah.
 

Djangan loepa oentoek bawa pajoeng, topi, handdoek ketjil, inget Djakarta panas !!!

djikalaoe pada temponja hoedjan ada menggoejoer, kitaorang aken moelai ini plesiran

sasoedanja itoe hoedjan brenti. Zo, plesiran tetep dilakoekoen, en tida berganti hari

ataoe tanggalnja. Tetap tanggal itoe.


Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM

Jakarta-Indonesia

P: 0818 94 96 82

0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
Email:
adep@cbn.net.id

Facebook: Ade Purnama

Twitter: @sahabatmuseum

www.sahabatmuseum.org

 

(beberapa sumber sejarah, dikutip dari buku karya:

James R Rush yang berjudul: "Opium to Java, Jawa

dalam Cengkeraman Bandar-Bandar Opium Cina -

Indonesia Kolonial 1860-1910"; juga bukunya terbit-

an lain: "Candu Tempo Doeloe, Pemerintah pengedar

dan Pecandu 1860 -1910"; Karya Julianto Ibrahim:
"Opium dan Revolusi, Perdagangan dan Penggunaan

Candu di Surakarta Masa Revolusi (1945 - 1950)";

Karya Adolf  Heuken SJ - Grace Pamungkas ST, ber-

judul: "Menteng, Kota Taman pertama di Indonesia").

 


 

Susunan Acara PLESIRAN TEMPO DOELOE:

Fabriek Opium deket Station Salemba, 11 Mei 2014

(gambaran timing, bisa ada yang sebentar saja di lokasi,

ada yang agak lama cerita kisah sejarahnya, rileks ajah)
07.30 - 08.00: Pendaftaran Ulang di Museum Bank Mandiri (atau Factorij N.H.M)

08.00 - 08.30: Penjelasan ttg jalur Kereta Api ke Stasiun Salemba & Nonton Film

08.30 - 09.00: Berangkat ke Stasiun Jakartakota (Station Batavia Benedenstad)

09.00 - 09.30: Berangkat ke Stasiun Cikini (Station Tjikini, deketnja Pegangsaan)

09.30 - 10.30: Jalan Kaki melintasi Pasar Cikini (RT 007/01, RT 007/05, RT 005/05)

10.30 - 11.00: Keliling "Stasiun Salemba" di deket Museum M.H.Thamrin Gg.Kenari

11.00 - 11.30: Keliling bekas Pabrik Opium di Kampus UI Salemba (di MPKP - FEUI)

11.30 - 12.00: Peserta kembali lagi ke Stasiun Cikini, menuju Stasiun Jakartakota



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com





__,_._,___

Tidak ada komentar: