26.12.15

[tourismindonesia] Situ Gunung Layak Menjadi Destinasi Wisata Alam




Sabtu, 26 Desember 2015 | 11:22
      Email

Situ Gunung Layak Menjadi Destinasi Wisata Alam (1)

Pintu gerbang kawasan Wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat
Pintu gerbang kawasan Wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat (investor daily)
Jakarta - Wisatawan amat dimanjakan oleh banyak keindahan alam di Jawa Barat. Salah satunya, keindahan alam di Situ Gunung, Sukabumi.

Lokasi wisata yang berjarak sekitar 110 kilometer dari Jakarta ini menjanjikan segudang keindahan alam yang memanjakan mata termasuk segarnya udara pegunungan.

Wisatawan asal Jakarta yang menggunakan mobil pribadi bisa menjangkau Situ Gunung melalui jalan tol Jakarta-Bogor- Ciawi (Jagorawi). Sekeluar dari pintu tol Ciawi tinggal mengambil jalan lurus menuju arah kota Sukabumi. Lalu, berbelok ke kiri ketika menemui pertigaan Cisaat. "Dari pertigaan sekitar 9 kilometer menuju ke Situ Gunun," ujar Ade, seorang pengelola penginapan di Situ Gunung kepada Investor Daily.

Sementara itu, bagi pesepeda motor, jalur Jakarta-Sukabumi tergolong cukup menggoda untuk dijajal. Sepanjang jalan mulai dari Jl Raya Bogor hingga ke Jl Raya Sukabumi, banyak jalur yang sangat sayang untuk dilewatkan. Ada jalur berkelok, menanjak, dan tentu saja menurun. Mayoritas jalan dalam kondisi mulus. Butuh waktu sekitar 3-4 jam untuk mencapai Situ Gunung dari Jakarta.

Jarak dari pertigaan Cisaat menuju obyek wisata di kompleks Taman Nasional Gunung Gede Pangrango itu hanya sekitar 9 kilometer. Jalurnya menanjak dan lebar jalan hanya nyaman untuk dua mobil multi purpose vehicle (MPV) berpapasan. Pada Desember 2015, sepanjang 10 kilometer itu masih banyak dijumpai jalan yang aspalnya mengelupas dan sejumlah lubang di jalan.

Rasa letih setelah menempuh perjalanan 3-4 jam terlunasi oleh indahnya pemandangan di Situ Gunung. Hijaunya pepohonan dan segarnya udara pegunungan membuat rasa letih seperti sirna seketika.
Jakarta - Bagi mereka yang ingin bermalam di sekitar kawasan wisata alam Situ Gunung, Sukabumi tak perlu khawatir. Terdapat sejumlah penginapan berupa villa atau hotel dengan harga yang relatif terjangkau.

Misal, sebuah losmen berkapasitas empat orang dengan fasilitas televisi dan air hangat, wisatawan cukup merogoh kocek Rp 350 ribu per malam. Atau, sebuah villa dengan fasilitas enam kamar tidur dibanderol Rp 2 juta untuk dua hari.

Setelah membayar tarif masuk Rp 18.500, yakni untuk satu orang dan satu sepeda motor, para pengunjung sudah disambut dengan indahnya alam. Tersedia tempat parkir yang memadai, baik untuk sepeda motor maupun mobil.

Dua obyek wisata yang pantas disinggahi di Situ Gunung adalah situ atau danau di atas gunung dan air terjun Curug Sawer. Jarak menuju danau yang berada di ketinggian sekitar 850 mdpl di kaki Gunung Gede Pangrango sekitar satu kilometer dari pintu masuk kawasan Situ Gunung. Sedangkan jarak menuju Curug Sawer sekitar dua kilometer.

Jalur menuju danau relatif lebih landai, walau terdapat sejumlah jalan menanjak. Namun, jalan berbatu menuju danau relatif lebih lebar sehingga bisa dijangkau dengan mobil atau sepeda motor. Namun, bagi yang membawa mobil hanya bisa sekitar 200 meter menjelang danau. Mobil harus parkir di tempat yang telah disediakan.

Indahnya pemandangan danau di atas gunung akan mengobati rasa lelah setelah berjalan sekitar satu kilometer. Sepanjang perjalanan pun para pengunjung dimanjakan oleh hijaunya hutan pinus dan rindangnya pepohonan.
Di danau yang menghampar berwarna keperakan diterpa cahaya matahari, para wisatawan bisa menikmati wisata perahu. Ada dua jenis perahu dengan tarif berkisar Rp 10-15 ribu per sekali menyewa.

Sementara itu, untuk wisata air terjun jalan yang dilintasi sedikit lebih sempit. Jalan berkelok, menanjak, dan berbatu menjadi tantangan tersendiri. Hitung-hitung membakar kalori dan membuang kepenatan sesaknya perkotaan. Begitu tiba di areal air terjun, keindahan alam sudah menanti. Semua rasa letih seakan sirna.

Oh ya, di kawasan ini juga tersedia fasilitas untuk berkemah. Selain itu, juga terdapat fasilitas outbond yang dikelola oleh pihak swasta.
Investor Daily
Edo Rusyanto/EDO


__._,_.___

Posted by: Holy Uncle <holyuncle@ymail.com>


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com





__,_._,___

Tidak ada komentar: