7.4.16

[tourismindonesia] Plesiran Tempo Doeloe: 10 April 2016



 
 
SAHABAT MUSEUM dengan hati seneng presenteren:
PLESIRAN TEMPO DOELOE 
                     DJARAH KERETA API BATAVIA-BUITENZORG



Begimana rasahnja naek spoor (kereta api) berame-rame

dengan gerombolan sahaBATMUSeum dari Station Besar

Batavia (Stasiun Jakarta Kota) sampe Station Besar Buiten-

zorg (Stasiun Bogor) seraja membajangken keadahaan na-

tuur-nja (alam) nan mooi poen noeansa tempo doeloe jang

masih sepi en soenji? Kitaorang berani djamin pasti poeas,

kerna nantinja bakal ditjeriteraken samoeanja setjara detail

oleh achli sedjarah kereta api, ia itoelah: Toean Aditya Dwi

Laksana dari Kereta Anak Bangsa jang soenggoe kasohor

seantero negerij, kerna soeda terbitken satoe boekoe kwa-

liteit djempolan bertadjoek: "The Beauty of Indonesian Rail-

ways", jang djadi boekoe "best seller" di tahon 2013 silam.

 

Djaloer trein (kereta api) itoe moelanja maroepaken poenja:

NISM (Nederlandsch-Indische Spoorweg-Maatschapiij) jang

digoenaken sedjak tahon 1873. Moelainnja dari Hoofdstation

Batavia (sekarang: di locatie Bank BNI; soeda tiada)  - Over-

weg Sawah Besaar - Halte Noordwijk (sekarang: Stasiun Ju-

anda) - Halte Koningsplein (sekarang ada di sekitaran locatie

Stasiun Gambir) - Overweg Pegangsaan (di Tjikini) - laloe Sta-

tion Meester Cornelis (tetapi boekanlah Stasiun Jatinegara jang

sekarang ini) - Halte Passar Mingo (betoel, begitoelah jang ter-

toelis dengan tjoemah satoe "g") - Halte Lenteng Agong - Halte

Pondok Tjina - Halte Depok - Halte Tjitajam - Halte Bodjong Ge-

deh - Halte Tjileboet - sampe di station achir, jakni Hoofdstation

Buitenzorg (sekarang: Stasiun Bogor). Toenggoe doeloe, nam-

pak kata halte, ada station poen overweg, apa poela ini? Dima-

nakah letak perbedaannja? Begimana woedjoednja dahoeloe?

 

Ada 3 operator djaloer kereta api di Jakarta tempo doeloe. Tat-

kala kitaorang menatap peta Jakarta dan perhatiken itoe djaloer

spoorweg di antara Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Kampong

Bandan, tjobalah perhatiken barang sedjenak lijn rel kereta api

jang ka kiri, kanan dan bawah. Djaloer jang ka kanan, dahoeloe

milik maskapai BOS (Bataviasche Ooster-Spoorweg Maatschap-

pij), kiri poenja SS (Staatsspoorwegen; kereta api negara), jang

bawah poenjanja NISM (Nederlandsch-Indische Spoorweg Maat-

schapiij). Hari ini, samoea djaloer kereta api terseboet milik  PT.

KAI (Kereta Api Indonesia). Mengapa doeloe sampe ada 3 ope-

rator kereta api di kota Batavia? Apatah latar belakang dibikinnja

djaloer kereta api di Tanah Djawa? Mengapa pamerentah koloni-

aal Hindia Belanda tiada koendjoeng lakoeken pembangoenan

rel kereta api, hingga achirnja dikerdjaken fihak proesahaan pri-

vaat dari kongsi perkeboenan dan hatsil boemi di Poelo Java?!

 

(Thee Panas)
(Snacks Pagi)
(Makan Siang)

(Unyil Brood eh Roti Unyil maksudnya, dgn aer minoem dingin)

(berdjalan kaki dari Museum Mandiri ke bekas locatie berdirinja
gedong
Station Batavia Noord/Batavia Oetara en Station Batavia

Zuid/Batavia Selatan) (ditjeriteraken perihal bebrapa operator ke-

reta api jang pernah ada di Jakarta dahoeloe: NISM, BOS en SS) 

(Napak tilas naik kereta api via route klassiek, dari: Station Batavia

Benedenstad (Stasiun Jakarta Kota) ka Station Buitenzorg (Stasiun

Bogor), djaloer railway spoor jang oemoernja 143 tahon (djaloernja

NISM,) ataoe 87 tahon lebi tepatnja djikaloe dihitoeng dari pemboe-

kaan Station Batavia Benedenstad jang boekan moelai dari Batavia

NISM) jang masih actief hingga hari ini). (Datengin "djembatan djadi-

djadian" jang doeloenja ada maroepaken rel kereta api normaal dan

sekarang ini dimanfaatken masjarakat boeat njeberang soengai tepi

Tembok Kota Batavia ka kampong sebelah) (Masoep ka dalam Sta-

tion Buitenzorg dari roeang VIP Goebernoer Djenderal Hindia Belan-

da sampe ka lantai doea, tangganja aseli terbikin dari kajoe djati se-

roepa dengan tangga jang ada di Toko Merah & Museum Fatahillah)

(Presentatie tentang alesan mengapa dibangoennja djaloer Batavia-

Buitenzorg, compleet dengan image foto jang bagoes poela tjiamik)

(Kaartjis naek Kereta Api: Stasiun Jakarta Kota ke Stasiun Bogor pp)

 

                                                                            Minggoe, 10 April
                                                                            Rp.160.000/orang
                                                                           (seratus enam puluh)  
                                                                      
                                                                  
                                                                           Kumpul di Gedong NHM
                                                                           (atau Museum Mandiri)
                                                                            Jakarta Kota jam 07.30.

                                                                            Kembalinya dari Stasiun

                                                                            Bogor naek kereta sekitar

                                                                            jam 14.00, tiba di Stasiun

                                                                            Jakarta Kota pukul 16.00)

 

                                                                            kalau mahu ikutan PTD ini, 
                                                                            email ke: adep@cbn.net.id 
                                                                            (adep at cbn dot net dot id)

 

 

 

 

                                                                  detailnya esok atau lusa yah

 

 



__._,_.___

Posted by: "Ade Purnama" <adep@cbn.net.id>


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com





__,_._,___

Tidak ada komentar: