Gunung Semeru

Mudik ke Probolinggo Jatim? Pastikan Naik ke Gunung Bromo

Gunung Semeru

JAKARTA - Anda mudik ke arah Probolinggo, Jawa Timur? Jangan khawatir. Kendati luasnya hanya seperempat kota Jakarta, namun Probolinggo menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Lokasinya yang berbatasan dengan gunung dan lautan membuat Probolinggo lengkap dan mempesona. "Banyak pilihan, mau sensasi gunung, hutan, lembah, danau, dan pantai, semua berada di Probolinggo," jelas Menpar Arief Yahya mempromosikan #PesonaLebaranProbolinggo #PesonaLebaranJatim #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia.

1. Gunung Bromo
Bromo adalah ikon Pariwisata Jawa Timur, dengan konsep BTS –Bromo Tengger Semeru-. Sensasi gunung, salah satu Destinasi Unggulan Indonesia ini sebagian berada di Probolinggo. Gunung Bromo sendiri berada di 4 wilayah, yaitu Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang. Keindahan alam yang ada di Bromo, memang layak diketagorikan sebagai destinasi kelas dunia. Bentuk Gunung Bromo bertautan antara ngarai dan lembah dengan lautan pasir luas sekitar 10 km persegi. Gunung Bromo mempunyai kawah bergaris tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Di sini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan pegunungan, dan padang pasing, tapi juga terdapat padang rumput, danau dan bahkan air terjun. Maka wajib hukumnya bagi Anda untuk memasukan Bromo ke dalam daftar objek wisata Anda selama berada di Probolinggo.

2.Gunung Argopuro
Gunung Argopuro merupakan bekas dari gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.088 Meter dan merupakan bagian dari gunung Iyang yang ada di Kabupaten Probolinggo. Gunung Argopuro mempunyai beberapa puncak, salah satunya puncaknya adalah puncak Rengganis. Selain daya tarik khas puncak gunung, terdapat juga situs peninggalan zaman purbakala yaitu teras berundak yang terdiri 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan yang terdapat di dalamnya.

3.Danau Agung
Danau Agung atau bisa disebut Ranu Agung , merupakan sebuah Danau yang terbentuk dari kawah gunung berapi Lamongan yang sampai sekarang masih aktif. Danau Agung memiliki potensi wisata yang sangat indah, dan layak dijadikan sebagai destinasi wisata alam dengan suasana pemAndangan yang menenangkan dan dikelilingi hijau pepohonan.

4.Danau Taman Hidup
Danau Taman Hidup merupakan sebuah danau yang berada di Lembah Gunung Argopuro, yang menurut mitos danau ini adalah tempat pemandian Dewi Rengganis beserta dayang – dayangnya. Di sini Anda masih bisa menemui hewan – hewan liar seperti Merak Hijau ( Pavo Mulicus ), Lutung Merah ( Presbytis Rubicunda ), Lutung Jawa, Kijang ( Muntiacus Muntjah ), babi hutan, kancil serta hewan liar lainnya.

5.Ranu Sagaran
Ranu Segaran merupakan bekas kawah yang terisi oleh air sehingga menjadi danau. Selain bisa melihat danau, di sini Anda juga bisa menikmati pemAndangan hutan dan pegunungan yang asri dengan udara sejuk. Ranu Segaran berada di Desa Segaran, Kec. Tiris, Kab. Probolinggo. Jaraknyta hanya 30 menit dari pusat kota Probolinggo.

6. Air Terjun Madakaripura
Air terjun Madakaripura berada di Kecamatan Lumbang. Air terjun ini masih termasuk di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun Madakaripura ini berbentuk ceruk dengan perbukitan setinggi 200 meter yang mengelilinginya. Saking indahnya, air terjun ini dinobatkan sebagai salah satu air terjun paling indah di Indonesia. Air Terjun Madakaripura berlokasi di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

7. Air Terjun Umbulan
Air Terjun Umbulan berada tak jauh dari Air Terjun Madakaripura. Letaknya berada di Desa Sukapura, Probolinggo. Tebing kehijauan yang berada di sekitar air terjun ini akan memberikan suasana damai bagi siapapun yang datag ke sini.

8. Air Terjun Kali Pedati
Air Terjun Kali Pedati ini berada di lereng Argopuro, tepatnya di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. Keindahan air terjun dengan ketinggian 20 meter ini dijamin bakal membuat Anda tak bisa berhenti mengagumi kebesaran sang pencipta.

9. Beejay Bakau Resort
Mangrove Beejay Bakau Resort atau yang lebih dikenal dengan sebutan BJBR merupakan kawasan wisata hutan bakau seluas 5 hektar yang letaknya berada di pesisir pantai Mayangan. BJBR ini salah satu tempat wisata favorit di Probolinggo.
Disini, Anda bisa berjalan menyusuri hutan mangrove melalui jalan setapak buatan yang terbuat dari kayu kelapa. Suasananya yang segar dan asri semakin menambah kenyamanan saat berkunjung kesini.

10.Pualau Gili Ketapang
Pulau Gili Ketapang merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Selat Madura. Jaraknya kurang lebih hanya 8 km dari bibir pantai Probolinggo. Di sini Anda akan disuguhkan pemandangan laut yang indah dengan hamparan pasir putih di sepanjang tepinya. Pulau Gili Ketapang juga memiliki keindahan bawah laut yang mempesona, sehingga menjadi spot yang cocok untuk snorkling maupun diving.(*)

/RADD

http://www.beritasatu.com/food-travel/372867-mudik-ke-probolinggo-jatim-pastikan-naik-ke-gunung-bromo.html